03 October 2012

RANSEL / KOPER ? (Part 2)

Melanjutkan posting saya yang sebelumnya disini saya ingin berbagi pengalaman 5 hari 4 malam selama di perjalanan dari mulai hari keberangkatan sampai kedatangan kembali di Jakarta, dan sesuai dengan slogan wisata yang dimiliki-nya tema perjalanan saya kali ini tentu saja Uniquely Singapore.
Hari ke-1 :
Life Starts Here
Tgl 25 September 2012 saya menunggu Indah (rekan saya) di depan pintu keberangkatan Terminal 3 selama hampir 30 menit karena saya sampai lebih cepat dari perkiraan, saya sendiri tidak habis pikir bagaimana bisa perjalanan Pasar Minggu - Bandara Soekarno Hatta hanya memakan waktu kurang dari 40 menit, tapi segala sesuatu memang ada hikmahnya, saya jadi memiliki banyak waktu untuk mengurus bagasi (jangan ditanya kenapa saya tiba-tiba ada bagasi).
One Step Closer
Setelah menunggu pesawat yang delayed selama 20 menit, pukul 17.45 kami berangkat menuju Singapore. Begitu sampai di Terminal 1 saya langsung mengaktifkan paket roaming dan mendapat 2 hari free BBM full service dari operator yang saya gunakan di Indonesia dan segera memberi kabar ke Om Fuad sang tuan rumah yang dengan baik hatinya mau menjemput kami.
Kinetic Rain di Terminal 1 Changi
Begitu bertemu, Om Fuad dengan sigap langsung mengarahkan kami ke Airport Sky Train menuju Terminal 2 yang langsung membawa kami menuju stasiun MRT.
Saya & Indah di dalam Sky Train
Welcome to MRT Station
Selain mengajarkan kami cara menggunakan MRT, Om Fuad juga sudah menyediakan kartu EZ-Link untuk perjalanan kami ini. Untunglah ada kartu ini karena kami belum sempat membeli Singapore Tourist Pass yang mana akan kami gunakan selama 3 hari kedepan.
Suasana di dalam MRT
Tanah Merah MRT Interchange Station
Om Fuad juga mentraktir kami makan malam sebelum melanjutkan perjalanan kerumah menggunakan bus.
Mencicipi Nasi Ayam &Nasi Goreng Khas Singapore
SBS Transit: Bus No. 243W menuju Jurong West
Home ~ Finally
Hari ke-2 :
Tgl 26 September 2012 awal pagi kami disambut oleh hujan, rencana yang semula berangkat pukul 08.00 terpaksa mundur menjadi pukul 09.30 karena menunggu hujan reda.
Photo section di dalam rumah
Diantar Auntie Lena (Istri Om Fuad)
Setelah itu kami langsung berangkat menuju Pioneer MRT Station dengan Bus No. 179 (sesuai dengan instruksi Auntie Lena) dan turun di Raffles Place untuk melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Marina Bay.
The Fullerton Hotel
Kami berjalan menyusuri Singapore River dan berfoto dengan keindahan dan keunikan patung-patung yang menghiasi di sepanjang jalan.
The River Merchants
How to get to Merlion Park
The Baby Merlion
The Legendary Merlion
Akhirnya kami tiba di taman dan bertemu langsung dengan Merlion, setelah puas berfoto, bersantai dan menikmati pemandangan sekitar kami melanjutkan perjalanan ke tujuan utama kami Harry Potter the Exhibition di Marina Bay, jarak dari Merlion Park ke Marina Bay bisa dibilang lumayan walaupun terlihat dekat, tidak jarang kami berhenti untuk sekedar duduk-duduk santai sambil makan cemilan dan kembali berfoto ria.
Foto menggunakan timer untuk pertama kalinya
Cuaca di Singapore memang tidak bisa diprediksi, sebentar panas sebentar hujan, saat kami mulai melanjutkan perjalanan hujan kembali turun, ditengah rasa haus dan lapar karena susahnya mencari tempat makan (murah) di sekitar Marina Bay hujan menjadi suatu berkah tersendiri.
A World United - Marina Bay
Begitu sampai kami langsung mencari ticket office dan membeli tiket untuk masuk pada pukul 14:00, selama satu jam kami memutari Marina Bay Sands untuk mencari Food Court yang halal lagi murah.
Yong Tau Foo ~ No Pork No Lard
Dengan harga kurang dari S$ 5 saya bisa mencicipi makanan khas Singapore ini, rasanya yang unik ditambah cara penyajiannya yang aneh membuat saya tidak menyesal karena telah melenceng dari budget yang ditetapkan. Setelah kenyang dan berhasil mendapatkan air mineral di SeVel terdekat dengan penuh antusias kami langsung menuju meseum.
Menunggu pukul 14:00
Dan disinilah kami
The Flying Car
The Wizard Chess
We're about to enter
Sayang kami tidak bisa mengambil gambar selama di dalam, ingin rasanya mengabadikan momen-momen saat saya mencoba topi seleksi dan melihat kostum-kostum serta atribut original dari keseluruhan film, dan akhirnya kami harus puas hanya dengan foto yang ditawarkan seharga S$ 50 (3 foto), inilah salah satunya.
My Favorite Photo
Setelah merasa cukup lama berada di dunia sihir kami kembali melanjutkan hari sebagai turis muggle dengan berjalan kaki tanpa magic broomstick ataupun flying car dan gardens by the bay menjadi tempat tujuan selanjutnya.
Melewati The Helix Bridge
Sampai di Gardens by the bay
Timer untuk kedua kalinya
Marina Bay Sands dari jarak dekat
Karena hari sudah menjelang sore dan hampir maghrib tanpa berlama-lama dengan menggunakan MRT kami melanjutkan perjalanan menuju Masjid Sultan di Kampung Glam, dengan bantuan gothere.sg kami turun di Bugis Street dan langsung bertanya jalan terdekat kesana dan Alhamdulillah kami bisa melaksanakan sholat disana.
Sultan Mosque - Singapore
Cukup beristirahat kami memutuskan untuk kembali berjalan mencari makan malam, yang terpikir oleh saya saat itu adalah Mustafa Centre karena mengingat jaraknya yang tidak begitu jauh menurut buku panduan. Harga makanan yang ditawarkan disepanjang jalan bervariasi dari mulai S$ 3.5 sampai S$ 12 dan hampir semua menawarkan makanan khas India. Karena bersikeras tidak ingin keluar dari budget seperti sebelumnya berputar-putar kami mencari makanan dengan harga dibawah yang ditawarkan sampai akhirnya saya begitu yakin di lantai paling atas Mustafa Centre ada Food Court dengan harga miring. Insting saya benar memang ada food court di lantai 7 (Rooftop) tapi sayangnya harga yang ditawarkan sama sekali tidak miring, dan apa boleh buat karena perut sudah lapar dan kaki sudah tidak kuat berjalan akhirnya kami makan di Kebabs n Curries lt. R Mustafa Centre gedung baru.
Tempat makan paling cozy selama di Singapore
Refill mineral water sepuasnya hehe...
Makanan enak, tempat yang nyaman Kebabs n Curries menjadi salah satu tempat yang saya rekomendasi-kan untuk dicoba, satu porsi Biryani Rice, Chiken Massala & roti Naan cukup untuk dimakan berdua.
Setelah perut kenyang windows shopping-pun bisa dimulai, inilah tujuan akhir kami di hari ini. Saran saya jika berada di Mustafa Centre jangan sampai lupa waktu, karena tempat ini buka 24 Jam kami berdua sampai lupa kalau transportasi umum di Singapore pada hari biasa hanya sampai pukul 00.00 jadilah kami harus pulang menggunakan taksi (sama sekali tidak murah) maka dari itu jika perlu pasanglah alarm selama berbelanja dan beri batasan waktu yang jelas.