17 January 2017

How to Lose Weight?

"How am I supposed to lose weight when the best part about life is food."
@FactsOfSchool
Masih seputar resolusi 2017 dan kali ini saya ingin kembali mengingat-ingat apa saja yang telah saya lakukan selama beberapa tahun kebelakang sampai-sampai berat badan saya masuk kategori kelas berat (lagi).
Saya akui dalam hal berkomitmen terhadap sesuatu itu agak susah, terlebih jika hal itu tidak menguntungkan atau berdampak apa-apa buat saya, begitu juga saat harus berkomitmen dalam diet. Saat saya menjalani perawatan di klinik Dr. Eva dan dalam waktu singkat bisa memangkas berat bedan hingga 20kg itu karena saya berkomitmen atas uang yang saya keluarkan dan keinginan saya untuk hidup normal. Tapi semenjak menikah justru komitmen itu hilang, terlebih saat hamil, berat badan saya naik hingga 30kg dan hanya berkurang 10kg saat Ucen lahir.
1.5 tahun berlalu, jangan kira timbangan saya sudah kembali ke awal, 7kg sudah saya naik sejak saat itu. Kenaikan yang signifikan terjadi setelah saya memutuskan untuk memakai IUD, padahal saya pilih alat ini karena (seharusnya) dia tidak memiliki efek hormonal seperti pil atau suntik, tapi apa dikata berat badan saya naik, jadwal menstruasi saya berantakan dan yang paling parah mood saya kacau, sampai akhirnya saya memutuskan pada jadwal mens berikutnya saya akan lepas saja alat bernilai ratusan ribu ini sambil mengkonsumsi pil kb menyusui yang mengandung progesteron untuk menipiskan dinding rahim yang tebal (kemungkinan akibat obesitas).
Terus terang saya mulai panik, walaupuan suami saya tidak menuntut ini-itu dan harus begini-begitu tapi demi kesehatan saya rasa ini sudah kelewatan. Saya sempat kembali ke klinik namun sayangnya Dr. tidak mengijinkan saya untuk mengkonsumsi obat diet karena masih menyusui, lalu saya mencoba mengkonsumi bubuk klorofil dari salah satu perusahan berbasis MLM yang menjanjikan penurunan berat badan dan ternyata tidak berhasil walaupun sudah 2box saya habiskan dalam waktu 1/2 bulan. Urusan diet jangan ditanya, dengan dalih masih menyusui hal itu tidak pernah berhasil.
Lalu saya harus pakai metode apa jika waktu berolah-raga hampir tidak ada, diet terasa sangat susah dan bahkan ramuan-ramuan penurun berat badan tidak berhasil.
"Unless someone puts a gun to your head, the decisions you make in life are your own, so stop blaming everybody else for your foolishness."
@TheIslamApp
Jawabannya semua kembali lagi ke saya, SELF TALK adalah kuncinya jika apa yang kita ucapkan sama dengan apa yang kita percayai akan terwujud maka mulai saat ini saya akan mengatakan bahwa saya bisa, saya bisa menahan rasa lapas, saya bisa meluangkan waktu untuk berolah-raga, saya bisa untuk merubah pola hidup saya menjadi lebih sehat dan bahkan saya bisa meredam ego saya, karena segala keputusan yang saya buat sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya, bukan keadaan.

 Begin with the end in mind #7Habits No.2
  1. Makan tepat waktu pagi, siang, sore / puasa jika memungkinkan
  2. Sarapan kaya protein, rendah lemak dan karbo
  3. Banyak minum air putih minimal 3 liter sehari
  4. Kurangi konsumsi cemilan yang manis dan berminyak
  5. Meluangkan waktu berjalan kaki walaupun cuma 15 menit
  6. Tidak makan setelah pukul 7 malam
  7. Mulai mengkonsumi vitamin secara rutin
Sharpen the Saw #7Habits No. 7
Dan akhirnya kembali lagi ke awalnya, tubuh ini adalah titipan dari Allah, tidak ada orang lain yang dapat menjaganya sebaik saya itu artinya komitmen itu sudah ada tinggal saya mau menjalankannya atau tidak.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...